BSO ARWANA Menerbitkan Buku Identifikasi Kupu-Kupu

Salah satu Badan Semi Otonom dibawah koordinasi HIMABIO yang fokus kegiatannya pada pengamatan kupu-kupu yaitu BSO ARWANA, telah selesai menyusun buku panduan identifikasi kupu-kupu di Kampus UNY Karangmalang. Buku ini adalah Buku pertama yang disusun oleh BSO ARWANA. Buku ini berisi tentang hidupan kurang lebih 15 jenis kupu-kupu. selain itu dalam buku ini juga membahas tentang klasifikasi tingkat family, morfologi kupu-kupu secara umum, siklus hidup, cara pengamatan dan juga peran dan manfaat kupu-kupu pada tatanan ekosistem. tanaman yang menjadi inang dan pakan kupu-kupu juga dibahas dalam buku ini.

Sebagian besar kupu-kupu yang ada dalam buku ini hidup di kebun biologi FMIPA UNY. ada pula Troides helena, si kupu-kupu raja yang termasuk kupu-kupu langka dan berharga. Convention on the International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna (CITES) memasukkan Troides helena pada list Apendiks II. ulat dari jenis kupu-kupu ini hanya mau memakan tumbuhan sirih hutan (Aristolokia tagala). jenis tumbuhan pakan yang terbatas inilah yang menyebabkan populasi Troides helena ini semakin menurun.

Saat ini BSO ARWANA dengan HimaBio dan Jurusan Pendidikan Biologi sedang mencari cara dan mengkaji bagaimana caranya agar populasi kupu-kupu Troides helena tetap stabil dan seimbang dengan laju pertumbuhan tanaman Aristolokia tagala sehingga populasinya selalu ada dan lestari di rumah perlindungan kupu-kupu di kebun biologi FMIPA UNY.

Peluncuran buku panduan identifikasi Kupu-kupu ini akan dilakukan pada tanggal 22 April 2018 berlokasi di Rumah Animalika Jl Kaliurang km.9. peluncuran buku ini akan berbarengan dengan buku lainnya yang juga disusun oleh rekan rekan pengamat burung Bionic dan kelompok botani Herbiforus.