Mahasiswa Pendidikan Biologi Juara I Lomba Fotografi Nasional

Mariza Uthami, mahasiswa program studi Pendidikan Biologi angkatan 2016 FMIPA UNY berhasil meraih juara I lomba fotografi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Surabaya. Lomba dengan tema “Biodiversity” dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Pengumpulan karya dilakukan pada tanggal 8 November dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 13 November diikuti oleh 29 peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Para peserta yang mengikuti lomba fotografi datang dari berbagai kalangan baik mahasiswa dan masyarakat umum. Mariza mengungkapkan bahwa fotografi dengan tema “Biodiversity” tidak terlalu rumit. Tetapi foto yang kita kirimkan harus memiliki moment yang tepat dan juga nilai lebih.

Foto yang diikutsertakan oleh Uut, panggilan akrab Mariza Uthami dalam lomba fotografi nasional ini, mengambil momennya saat capung jarum sedang dalam posisi kopulasi antara jantan dan betina. Momen tersebut menjadi sangat unik, karena untuk mendapatkannya Uut harus mengetahui waktu yang tepat dan spesifik saat capung melakukan kopulasi. Momen spesial inilah yang tidak dilewatkan.

"Beruntung dengan foto tersebut saya berhasil meraih juara I. Harapan saya, kedepannya akan semakin banyak mahasiswa Pendidikan Biologi yang juga mendalami ilmu fotografi terutama fotografi lapangan. Hal tersebut menjadi penting karena fotografi dapat menjadi alat untuk membantu identifikasi objek biologi lapangan." kata Uut.

Tags: