PENGEMBANGAN PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN INTERNASIONAL MAHASISWA FMIPA UNY MELALUI PROGRAM TRANSFER KREDIT DI YALA RAJABHAT UNIVERSITY, THAILAND

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki misi sebagai universitas berskala internasional (World Class University). Salah satu upaya untuk mewujudkan misi tersebut adalah melalui program transfer kredit yang familiar disebut Student Exchange atau pertukaran mahasiswa. Transfer kredit merupakan salah satu bentuk program mobilitas mahasiswa untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa terkait atmosfer akademik dan kehidupan kampus di universitas mitra. Pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan wawasan internasional mahasiswa dan meningkatkan peluang relasi mahasiswa dalam skala yang lebih luas.

Kegiatan transfer kredit atau pertukaran mahasiswa ini memiliki tujuan agar mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mengetahui dan merasakan suasana akademik dan kehidupan di universitas mitra. Universitas mitra yang melakukan kerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adalah Yala Rajabhat University, Thailand. Diharapkan dengan mengikuti perkuliahan sesuai program studi yang ditempuh dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan dapat diterapkan kembali setelah para peserta transfer kreditselesai menjalani program tersebut.

Program transfer kredit dilaksanakan pada tanggal 28 Januari–12 April 2019yang diikuti oleh 10 mahasiswa FMIPA. Keberangkatan ditempuh melalui jalur udara dan jalur darat. Perjalanan dari Yogyakarta menuju Kuala Lumpur, Malaysia ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam melalui jalur udara, kemudian dilanjutkan perjalanan melalui darat selama kurang lebih 12 jam untuk menuju Yala Rajabhat University di Provinsi Yala, Thailand.

Selama berada di Thailand, peserta transfer kredit tidak hanya melakukan aktivitas perkuliahan, namun juga mengikuti workshop pendidikan mengenai STEAM, workshop mengenai pembuatan jurnal, dan juga mengikuti upacara pembukaan Chankapor Games 2019. Chankapor Games 2019 merupakan pertandingan olahraga antar fakultas yang diadakan setiap tahun oleh Yala Rajabhat University.

Banyak tempat yang dikunjungi selama berada di Thailand, antara lain Provinsi Pattani, pasar oleh-oleh di Provinsi Hat Yai, Samila Beachdan Songkhla Zoo di Provinsi Songkhla. Selain itu, ada kegiatan Melayu Day dimana dapat dijumpai dengan mudah makanan-makanan khas melayu dan Thailand. Di Melayu Dayjuga terdapat stand-stand dari beberapa negara melayu, dimana setiap negara memperkenalkan makanan dan pakaian khas dari masing-masing negara. Kegiatan Melayu Day diadakan oleh masyarakat melayu yang tinggal di Provinsi Yala, Thailand.

Pada hari kedua setelah tiba di Yala Rajabhat University, para mahasiswa peserta transfer kredit bertemu dengan dekan dan beberapa dosen dari Yala Rajabhat University untuk mendiskusikan mata kuliah yang akan diambil selama menjalani transfer kredit. Hasil dari diskusi adalah diambilnya 4 mata kuliah antara lain : Fundamental of Microbiology, PracticalFundamental of Microbiology, Evolution, dan Genetics.

Fundamental of Microbiology memiliki beban SKS sebanyak 3 yang dipergunakan untuk teori dan Practical Fundamental of Microbiologymemiliki beban SKS sebanyak 1. Kemudian mata kuliah evolusi memiliki beban SKS sebanyak 3 untuk teori. Mata kuliah selanjutnya adalah Genetics memiliki beban SKS sebanyak 4 dengan rincian 3 SKSuntuk praktikum dan 1 SKS untuk teori.Yala Rajabhat University memiliki sarana prasarana yang sangat memadai untuk kegiatan perkuliahan, seperti fasilitas laboratorium yang cukup lengkap dan memenuhi standar, sehingga sangat mendukung kegiatan perkuliahan di sana.

Harapan untuk tahun-tahun selanjutnya adalah program ini dapat terus dilakukan agar mahasiswa merasakan atmosfer lain dalam bidang akademik. Selain itu,melalui program ini mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan wawasan internasional. Melalui program ini diharapkan mahasiswa dapat menjalin relasi yang lebih luas dalam bidang akademik, maupun sosialbudaya. Terakhir, untuk kedepannya FMIPA diharapkan mampu memperluas kerjasama dengan berbagai universitas diseluruh dunia agar semakin banyak mahasiswa yang dapat mengikuti program transfer kredit dan mewujudkan misi UNY sebagai World Class University. (Icha Galuh Puspita, Mutiara Putri Azzahra, Ridho Mahesa, Ezatama Triskasari, Lisna Listiyani. 2019)