UNYPET : Snake Handling Training

Sabtu, 09 September 2019 yang lalu, UNYPET Biologi menggelar acara Snake Handling Training. Acara ini merupakan pelatihan umum tentang penanganan ular. Acara ini diselenggarakan di FMIPA UNY dengan mengundang pemateri dari Sioux Yayasan Ular Indonesia. Acara berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 13 siang. Peserta yang mengikuti sebanyak 24 orang, baik dari UNY maupun dari kampus lain. Para peserta terlihat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir.

Tujuan utama diadakannya acara ini adalah untuk memberikan pelatihan umum tentang penanganan ular, mengingat ular adalah satwa liar yang dekat dengan manusia. Sebagian masyarakat masih menganggap ular adalah hewan yang menakutkan dan harus dibunuh, yang sebenarnya berguna bagi ekosistem. Sebagian pula, sering bermain - main dengan ular sehingga tidak sedikit yang salah penanganan ketika menghadapi satwa unik ini. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan tentang penanganan ular sangatlah penting bagi masyarakat.

Acara materi diisi dengan pemaparan tentang 3 topik, yaitu tentang aspek biologi ular, penanganan gigitan ular, dan teknik dasar identifikasi ular. Para peserta tampak bersemangat, namun diantara mereka ada yang ketakutan karena belum terbiasa. Mereka cukup antusias dalam mempelajari cara membedakan ular yang berbisa dan yang tidak berbisa, serta penanganan apabila dipatuk oleh ular. Sebuah ilmu yang tentunya, sangat bermanfaat.

Setelah selesai materi, acara dilanjutkan dengan praktik langsung tentang 'handling' atau penanganan berbagai macam jenis ular. Mulai dari ular tidak berbisa, ular berbisa, dan ular raksasa. Setelah praktik langsung ini, diharapkan para peserta mulai memahami dan tidak salah langkah dalam menghadapi ular yang mereka temui entah di pemukiman maupun alam liar. Praktik diawasi langsung oleh pemateri serta menggunakan SOP yang tepat. Seperti halnya snake hook dan kacamata ketika menghadapi ular kobra jawa atau Naja sputatrix. Tidak hanya tentang menangani ular, peserta juga dijelaskan tentang cara mengusir ular dan memasukkan ular kedalam karung dengan teknik yang benar.