BSO Arwana Goes to School

BSO Arwana berkerjasama dengan salah satu sekolah di Kabupaten Purworejo, yakni SMK Kesehatan Purworejo pada Rabu, 13 Oktober 2019. Perwakilan dari BSO Arwana yang berjumlah 5 orang mendapat kesempatan untuk berkunjung di SMK Kesehatan Purworejo guna memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman untuk adik-adik anggota ekstrakulikuler bidang penelitian atau karya ilmiah remaja (KIR). Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 15.00-16.30WIB yang diikuti oleh 22 orang siswa bersama dua guru pembina ekstrakurikuler.

Kegiatan diawali dengan pengenalan organisasi BSO Arwana, pengenalan secara umum tentang kupu-kupu (Lepidoptera) serta belajar bagaimana cara mengenali dan mengelompokkannya (mengklasifikasi). Para siswa juga diajarkan mengenai persiapan dan pelaksanaan penelitian mengenai kupu-kupu, salah satunya belajar bagaimana cara menangkap kupu-kupu yang baik dan benar untuk selanjutnya diidentifikasi. Selain pemberian materi dengan lisan, para siswa juga diajak untuk praktik merangkai jaring serangga (insectnet) dan cara menggunakan jaring tersebut.

Setelah pemaparan materi dan praktik, selanjutnya dibuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan siswa untuk bertanya seputar penelitian kupu-kupu. Para siswa sangat antusias memberikan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka sebelumnya tentang kupu-kupu. Untuk mengakhiri kegiatan sore itu juga diadakan games identifikasi untuk menambah pengalaman dan minat adik-adik mengenai dunia kupu-kupu.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kerjasama BSO Arwana dengan SMK Kesehatan Purworejo akan terus berlanjut. Suatu kesempatan yang sangat berharga teman-teman BSO Arwana dapat bekerjasama dengan SMK Kesehatan Purworejo untuk menambah wawasan dan mengajak adik-adik untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Salam Konservasi!

Tags: