BSO Arwana Bekerjasama dengan TNGM Menerbitkan Buku "Kupu-Kupu di Merapi"

Buku “Kupu-Kupu di Merapi” akhirnya telah resmi diterbitkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi, setelah sebelumnya berkerjasama dengan BSO ARWANA dalam penyusunan buku panduan lapangan tersebut yang dimulai pada tahun 2018. Buku ini berisikan kurang lebih 40 jenis beserta foto asli kupu-kupu di lapangan yang diabadikan oleh tim lapangan TNGM dan BSO ARWANA.

Hasil identifikasi memperoleh sekitar 115 jenis kupu-kupu dari Famili Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae, Lycaenidae, Hesperiidae, dan Riodinidae. Dominasi paling tinggi berasal dari famili Nymphalidae dengan presentase 50% dari ke enam famili. Kupu-kupu yang ditemukan sangat beragam mengingat kawasan ini memiliki kondisi habitat yang masih baik dan merupakan kawasan untuk tujuan pengelolaan dan perlindungan bagi sumber-sumber air, sungai, dan penyangga sistem kehidupan lainnya.

Dengan adanya buku ini  diharapkan kerjasama yang telah terjalin dapat terus berlanjut serta mampu memberikan panduan dan gambaran umum mengenai keanekaragaman kupu-kupu yang ada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merapi. Masih perlu adanya pengamatan lanjutan dan monitoring untuk mendapatkan hasil yang lebih valid mengingat kondisi makro-klimatik dan mikro-klimatik yang berpengaruh pada keberadaan kupu-kupu.

Tags: