Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi 2018

Minggu (29/11), Jurusan Pendidikan Biologi (Jurdik Biologi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi 2018, yang merupakan agenda tahunan Jurusan tersebut, pada tahun ini kegitan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada mahasiswa Jurdik Biologi.

Setelah sukses mengadakan Seminar Internasional ISBBE (International Seminar on Bioscience and Biological Education 2018) yang pertama pada tanggal 29-30 Oktober 2018 di Hotel Prime Plaza Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Biologi kembali mengelar kegiatan Seminar untuk ranah Nasional. Pada tahun ini Seminar Nasional diadakan dengan tema Biokonservasi: Peran dan Pembelajaran Biologi dalam Pemanfaatan Biodiversitas Indonesia di Era Keterbukaan dan Pengetahuan, dan dengan beberapa sub tema yaitu: Biodiversitas, Konservasi, Ilmu Lingkungan, Genetika, Pendidikan Lingkungan Hidup, Teknologi Pendidikan.

Acara yang diadakan di Ruang Seminar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini diikuti oleh 220 peserta seminar, 65 pemakalah, dan 3 pembicara utama yang terdiri dari ahli, peneliti dan praktisi dibidang Biologi, Guru, dan Mahasiswa. Seminar Pendidikan Biologi dan Biologi ini menghadirkan 3 pembicara utama yaitu: Dr. Isroi, M.Si dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia dengan bidang keahlian di Bioteknologi Pertanian, Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc. dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya dengan bidang keahlian Konservasi dan Ekologi Populasi Tumbuhan, dan Dr. Slamet Suyanto, M.Ed dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan  bidang keahlian Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Biologi.

Dr. Isroi, M.Si. dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia memberikan materi tentang pemanfatan sumber daya hayati dalam pengembangan biologi industry di bidang pertanian/perkebunan, dimana intinya bahwa dengan ilmu biologi yang sudah berkembang dengan pesat hingga saat ini dapat memberikan sebuah inovasi-inovasi produk yang lebih ramah terhadap lingkungan dengan memegang prinsip “Sustainability”, hasil produk dari pengembangan ini sangat beraneka ragam, mulai dari biopestisida, decomposer, pangan dan kesehatan, teknologi bahan pangan dan lain sebagainya. Biologi Terapan atau Biologi Industri yang paling maju perkembangannya adalah Bioteknologi, dimana cakupan aplikasinya sangat banyak dan luas dengan perannya yang sangat penting danmakin penting untuk kedepannya dengan tawaran efisiensi yang lebih tinggi dan lebih aman terhadap kesehatan dan lingkungan dengan skala usahanya yang kecil hingga ke perusahaan multinasional.

Tags: 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.