Forum Study Biologi Club (FOSBIC) #4 dibersamai oleh DR. Mahani Mokhtar dari University of Technology Malaysia

HIMABIO FMIPA UNY ft Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY kembali sukses melaksanakan Forum Study Biologi Club (FOSBIC) #4 di ruang Seminar D07 lantai 2. Stadium General ini dibersamai oleh DR. Mahani Mokhtar dari  University of Technology Malaysia dengan topik Cultural Adaptation and Social Media. Acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan kelas prodi biologi maupun pendidikan biologi, mulai angkatan 2018-2015.

Materi yang disampaikan seputar Intercultural Adaptation yaitu suatu proses perpindahan orang dari suatu kebudayaan ke kebudayaan/kultur yang lain. Setelah berpindah ke kebudayaan baru, orang-orang membawa keberadaannya, nilai, rasa , kebiasaan dan kepercayaan dengan mereka, namun mereka juga harus menyesuaikan peraturan baru, norma sosial, adat dan bahasa yang ada.

Sedangkan sosial media adalah sebuah institusi atau organisasi yang menggunakan media sebagai penyebaran informasi ke pendengar yang luas dimana proses penyebaran informasi menyangkut aktivitas komunikasi massal, seperti pada koran, televisi, radio dan yang pasti internet.

Sosial media telah menjadi alat untuk membantu mahasiswa dalam adaptasi kebudayaan sejak mereka menyediakan konteks untuk komunikasi, interaksi dan bahkan bertukar pengetahuan. Pemampatan jarak dan waktu karena pemusatan media baru dan globalisasi telah menenggelamkan dunia menjadi lapanagan kecil yang interaktif. Selama adaptasi kebudayaan, media sosial digunakan untuk : 1. Belajar kultur , 2. Media interaksi , 3. Menemukan teman baru , 4. Tetap memperoleh informasi dan aktivitas dari negara asalnya, 5. Tetap berhubungan dengan teman.

Media sosial adalah media yang sangat berpengaruh dalam proses adaptasi kebudayaan terutama untuk memperoleh informasi tentang negara tujuan dan memperoleh teman di negara baru.

Demikian materi yang disampaikan oleh DR. Mahani Mokhtar dari  University of Technology Malaysia. Sampai jumpa di acara selanjutnya.

Salam Lestari ! Salam Konservasi !