Katalog Tumbuhan Paku Jalur Sungai Desa Wisata Pulesari, Media Pengayaan Materi Plantae Berbasis Potensi Lokal

Katalog Tumbuhan Paku Jalur Sungai Desa Wisata Pulesari merupakan produk Tugas Akhir Skripsi salah satu mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi. Penyusunan katalog ini dibimbing oleh Ibu Dra. Budiwati, M.Si yang merupakan dosen anatomi dan morfologi tumbuhan. Katalog ini memuat materi Plantae khususnya pada submateri Pteridophyta yang diperuntukkan bagi peserta didik kelas X SMA/MA. Penyusunan katalog ini dilatarbelakangi banyaknya desa wisata berbasis ekowisata yang ada di lingkungan tempat tinggal penyusun, salah satunya adalah Desa Wisata Pulesari. Desa Wisata Pulesari menawarkan berbagai macam fasilitas diantaranya adalah tracking sungai, outbond, kesenian tradisional serta kuliner lokal. Salah satu fasilitas yang paling diminati pengunjung adalah kegiatan tracking sungai, pada kegiatan ini pengunjung melewati berbagai arena air dengan pemandangan pohon salak dan potensi alam lain salah satunya adalah keanekaragaman tumbuhan paku. Namun, keanekaragaman tumbuhan paku tersebut masih belum dimanfaatkan oleh pengelola sebagai daya tarik wisata. Selain itu, setelah dilakukan penelitian pendahuluan berupa wawancara dengan guru mata pelajaran biologi, ternyata ketersediaan media pengayaan untuk peserta didik yang telah tuntas di sekolah tergolong masih sangat terbatas bahkan belum ada.

Berangkat dari masalah tersebut, penyusun melakukan penelitian lanjutan untuk mengangkat potensi alam berupa keanekaragaman tumbuhan paku yang ada di jalur sungai Desa Wisata Pulesari hingga tersusunlah media pengayaan biologi berupa katalog ini. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahapan, yaitu penelitian biologi mengenai keanekaragaman tumbuhan paku di jalur sungai Desa Wisata Pulesari dan penyusunan hasil penelitian dalam bentuk Katalog Tumbuhan Paku. Pada penelitian keanekaragaman tumbuhan paku, data yang diambil berupa foto, deskripsi morfologi, titik penemuan, serta sampel tumbuhan paku yang ditemukan di sepanjang jalur sungai. Setelah data keanekaragaman didapatkan, kemudian dilakukan identifikasi masing-masing spesies tumbuhan paku yang didapatkan menggunakan buku “Flora of Malaya Volume II: Ferns of Malaya, Second Edition” karya Holtum, R.E., “The Pteridophyta of Mexico” karya Mickel, John T. & Alan Reid Smith, dan “Jenis Paku Indonesia” karya Setiaji Sasrapradja, Johar J. Afriastini, Dedy Daenaedi & Elizabeth A. Widjaja. Data keanekaragaman tumbuhan paku yang ditemukan di jalur sungai Desa Wisata Pulesari kemudian digunakan sebagai sumber penyusunan katalog disesuikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Dari hasil data identifikasi dan kajian literatur tersebut, penyusun kemudian menyusun kerangka katalog. Setelah kerangka katalog disetujui oleh pembimbing, kemudian disusunlah katalog tumbuhan paku.

Katalog yang telah disusun kemudian dinilai oleh validator, yaitu ahli materi (Bapak Dr. Drs. Suyitno Aloysius, M.S dan Ibu Dra. Ratnawati, M.Sc.) serta ahli media (Bapak Ir. Ciptono, M.Si. dan Bapak Rio Christy Handziko, S.Pd.Si, M.Pd.). Koreksi dan masukan dari para ahli kemudian dijadikan acuan oleh penyusun untuk merevisi katalog. Katalog hasil revisi kemudian dinilai oleh guru mata pelajaran biologi dan diuji keterbacaan oleh peserta didik kelas X SMA/MA yang telah tuntas pada materi Plantae. Hasil penliaian menunjukkan bahwa katalog yang disusun memiliki kualitas yang sangat baik dan layak digunakan sebagai media pengayaan pada proses pembelajaran biologi.

Katalog Tumbuhan Paku Jalur Sungai Desa Wisata Pulesari kemudian didaftarkan ke Permustakaan Nasional dan memiliki nomor ISBN 978-623-95821-4-2. Dengan diterbitkannya katalog ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pengayaan bagi peserta didik kelas X SMA/MA serta menjadi salah satu media edukasi dan daya tarik di Desa Wisata Pulesari.

Katalog Tumbuhan Paku Jalur Sungai Desa Wisata Pulesari ini dapat diakses melalui https://bit.ly/katalogtumbuhanpakupulesari