KAJIAN OLNINE SEPUTAR TANAMAN “KALISTA” #1

Pada kesempatan kali ini, BSO Arwana melaksanakan Kajian Online Seputar Tanaman (KALISTA) dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang tanaman inang maupun tanaman pakan. Kajian tersebut diselenggarakan pada 25 April 2020 melalui forum Grup Whatsapp. Kegiatan ini dilaksanakan secara online sehingga para peserta leluasa untuk mengikuti kajian tersebut dan diharapkan Kalista dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Kalista dilaksanakan dengan dipandu oleh Divisi Tumbuhan yang mepaparkan materi seputar tanaman  Sirsak (Annona muricata) dan diakhir sesi diskusi terdapat kuis berhadiah.

Diskusi pemaparan tanaman sirsak dikupas tuntas oleh Divisi Tumbuhan mulai dari pengertian, morfologi maupun manfaatnya bagi makhluk hidup yang lain. Tanaman sirsak ini dikenal sebagai tanaman inang dari ulat kupu-kupu Graphium Agamemnon. Pemaparan materi dilaksanakan secara urut yaitu deskripsi tentang pengertian tanaman sirsak, selanjutnya morfologi dari tanaman sirsak dan yang terakhir yaitu manfaat tanaman sirsak. Seiring berjalannya diskusi para peserta sangat antusias dan mengajukan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh pemateri dari Divisi Tumbuhan.

Akhir dari sesi diskusi Kalista, pemateri selalu mengadakan kuis yang berhadiah, sehingga melalui kuis tersebut para peserta dapat mengulas kembali materi yang telah dipaparkan oleh Divisi Tumbuhan. Melalui kegiatan Kalista diharapakan materi yang disampaikan dapat menambah wawasan serta pengetahuan pada peserta dan dapat bermanfaat bagi kita semua agar mengetahui tanaman-tanaman yang dijadikan inang oleh ulat dari kupu-kupu. Perlu adanya suatu kesadaran dari diri sendiri untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar ekosistem selalu seimbang.

Tags: