Ketika Pecinta Alam ikut Perang....

Perekrutan Anggota Muda Arwana atau “Perang” merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh BSO Arwana. Kegiatan ini bertujuan untuk merekrut dan melantik anggota anggota baru arwana. Pada tahun ini kegiatan perang dilaksanakan pada tanggal 6-7 April 2019 bertempat di dusun Keceme, Geborsari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Perang pada tahun ini diikuti oleh 10 orang anggota tangguh dan siap berjuang untuk dilantik menjadi anggota Arwana. Pada hari pertama diawali dengan tracking selama 2 jam menuju penginapan di dusun KecemepadukuhanSuroloyo di perjalanan tracking juga dilakukan kegiatan hunting dan identifikasi kupu-kupu pada jalur tracking, beberapa kupu-kupu juga ditangkap untuk diawetkan. Setelah tracking dan melaksanakan sholat dzuhur dilakukan proses identifikasi kupu-kupu yang telah ditangkap, selain itu para peserta diajarkan bagaimana cara pinning kupu-kupu yang benar yang didampingi oleh Mbak Krisna, dari hasil hunting kupu-kupu didapatkan total 34 spesies kupu-kupu.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi penugasan peserta perang yaitu identifikasi kupu-kupu yang ditemukan oleh peserta, para peserta menemukan beberapa spesies kupu-kupu dan dapat mengidentifikasi dengan benar. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan sholat Maghrib dan makan malam, kemudian setelah dilaksanakan sholat isya dilakukan penyampaian materi tentang manajemen perjalanan oleh Mas Tsalisdan Mbak Asni. Setelah penyampaian materdan perkenalan anggota selesai, pada anggota dan peserta beristirahat untuk memulai kegiatan esok hari.

Pada keesokan harinya, pada pukul 2 dinihari para peseta dan anggota Arwana bersiap untuk tracking menuju puncak Suroloyo. Pada jalur tracking, terdapat beberapa pos yang akan disinggahi oleh para peserta, yaitu pos pemanasan, pos pengetahuan, pos survival dan yang terakhir adalah pos komitmen. Saat peserta telah melewati beberapa pos tersebut, para peserta akan menapaki tangga menuju puncak Suroloyo secara individu dengan hanya berbekal sebuah senter dan ditemani oleh kabut yang tebal. Sesampainya di atas puncak, tersuguhkan pemandangan yang amat indah dan dilakukan pelantikan peserta perang menjadi anggota BSO Arwana 2019 bersamaan dengan munculnya matahari dari ufuk timur.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.