SG KSO: Berkarya dengan Cinta Bersama Kelompok Studi Odonata

Kelompok Studi Odonata mengadakan Studium Generale sebagai salah satu rangkaian rekruitmen calon anggota baru. Kegiata Studium Generale dihadiri oleh 33 peserta dari beberapa instansi. 

Sesi pertama dibersamai oleh mba Amelia Nugraha Ningrum dari Indonesia Dragonfly Society. Beliau menceritakan tentang trend penelitian capung. Bahwa penelitian capung tidak hanya terbatas pada keanekaragaman, serta identifikasi. Yang pertama disampaikan adalah tentang capung sebagai objek.

Beliau mengajak peserta Studium Generale untuk mengulik kejadian-kejadian unik di masyarakat. Yang menjadi titik awal untuk membicarakan lebih lanjut mengenai capung. Beliau menyampaikan berbagai judul penelitian capung mulai dari penelitian yang berbasis sains hingga penelitian sosial humaniora yang berkaitan dengan capung. Salah satunya adalah penelitian tentang ukuran dan bentuk sayap berdasarkan habitat capung.

Setelah sesi pertama selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung seru pembagian doorprize kepada penanya.

Sesi kedua dibersamai oleh mas Azam dari Water Forum Kalijaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau bercerita tentang kepenulisan dalam bidang sains. Menulis merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Mas azam memantik para peserta Studium Generale untuk bisa berkarya selama masa kuliah baik melalui PKM atau lomba-lomba baik di dalam maupun di luar kampus. Lalu beliau menceritakan awal mula beliau menulis.

Berwal dari sebuah blog milik Water Forum, kemudian dapat bergabung dalam tim untuk membuat jurnal hingga buku. Beliau sangat bersemangat untuk mengajak para peserta Studium Generale aktif dalam dunia kepenulisan. Selain diskusi mengenai kepenulian secara sains, terdapat diskusi yang cukup unik yakni menggabungkan kepenulisan mengenai capung dengan sastra seperti novel atau puisi.