BRONZE AWARD berhasil didapat dalam ajang International Invention and Innovative Competition Series 1/2019 di Malacca, Malaysia

4 orang mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Biologi yaitu Fita Nilasari (Biologi/2016), Ishadiyanto Salim (Pendidikan Biologi/2016), Adinda Yuslia Rukmanandita (Biologi/2016), dan Syarah Sabila Rusda (Biologi/2016) dibimbing oleh 1 orang pembimbing yaitu Nur Aeni Ariyanti, Ph.D berhasil mendapatkan Bronze Award dalam ajang International Invention and Innovative Competition Series 1/2019 yang dilaksanakan di Malacca, Malaysia. Kegiatan ini dilaksanaka pada tanggal 27 April 2019 di Mahkota Hotel Malaka. Kegiatan ini diikuti oleh 180 tim dari beberapa negara di Asia. Seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Indonesia, Thailand, dll.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Terdapat 5 kategori yang bisa mengikuti kegiatan ini yaitu kategori A1 Professional (Social Sciences), A2 Professional (Science, Engineering and Technology), B1 Higher Institution Students (Social Sciences), B2 Higher Institution Students (Science, Engineering, Technology), C1 School Students (Social Sciences), C2 School Students (Science, Engineering, Technology). Sehingga peserta dalam ajang ini sangat beragam mulai dari dosen, mahasiswa S1, mahasiswa S2 dan siswa sekolah.

Produk yang diciptakan oleh tim ini yaitu BETMEN (Piper Betle L. Menstrual Pads) as Innovation Reusable Menstrual Pads. Produk ini bertujuan untuk minimizing single-use items. Sehingga diharapkan produk ini mampu menggantikan produk yang sebelumnya merupakan barang sekali pakai. Kelebihan produk ini yaitu tidak mengandung klorin dan memiliki spray anti jamur dari ekstraksi daun sirih, sehingga memiliki tingkat kemanan yang lebih tinggi. Dalam kegiatan ini, peserta diharuskan presentasi kepada 2 juri. Masing masing juri memiliki waktu 15 menit untuk melakukan penjurian. Presentasi dilakukan menggunakan bahasa inggris. Persiapan yang dilakukan yaitu antara lain mempersiapkan produk, pembuatan ekstrak dari daun sirih, labelling, branding, pembuatan bunting presentation dan pamflet. Pendanaan yang diterima oleh tim BETMEN berasal dari 2 sumber yaitu dari Fakultas MIPA dan Kemahasiswaan UNY.

Ketika awarding ceremony, tim BETMEN mendapatkan BRONZE AWARD di Kategori B2. Hal ini merupakan pencapaian dan langkah awal yang baik. Semoga kedepannya lebih banyak tim dari UNY dan mendapatkan hasil yang lebih baik tentunya. Untuk membawa dan mengharumkan fakultas serta Universitas Negeri Yogyakarta. Bangga berprestasi!