Tiga Mahasiswa Pendidikan Biologi 2016 meraih juara 2 lomba media pembelajaran di UNJ

Melalui inovasi media pembelajaran berupa permainan kartu “KADOT” Kwartet Card Odonata tiga mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara 2 dalam serangkaian acara Bioleaf 2018 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2018. Ketiga mahasiswa ini adalah Ishadiyanto Salim (Pendidikan Biologi 2016), Mariza Uthami (Pendidikan Biologi 2016), dan Puji Lestari (Pendidikan Biologi 2016).

Dalam kompetisi ini, media pembelajaran yang ditampilkan harus sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Materi media pembelajaran merupakan materi SMA kelas X. Mengusung tema “Plugging into Nature” Media pembelajaran yang diharapkan adalah media yang dibuat dengan kecanggihan teknologi saat ini. KADOT atau Kwartet Card Odonata menggunakan Aplikasi berupa Corel Draw untuk pembuatannya. KADOT sendiri khusus dibuat untuk materi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA. Walaupun sederhana, KADOT yang merupakan produk dari PKM 70 Judul FMIPA UNY telah divalidasi sehingga telah layak untuk diuji cobakan kepada peserta didik.

Harapannya, lomba semacam ini dapat mendorong mahasiswa pendidikan khususnya untuk dapat berinovasi serta mengembangkan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk memahami suatu kompetensi pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum.

Tags: